Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Sekolah di Indonesia, menunjangkah untuk mencapai tujuan pendidikan ?


Pendidikan di Indonesia apakah dapat dikatakan menunjang untuk pendidikan yang baik? Itulah pertanyan yang sering timbul dalam benak saya. Melihat kondisi pendidikan di Indonesia yang seperti sekarang ini. Di berbagai daerah misalnya, tidak sedikit bangunan sekolah yang berdiri kokoh dengan fasilitas yang memadai. Selalu ada saja kekurangan dalam pendirian bangunan atau pengadaan fasilitas yang menunjang dalam pendidikan. Sekolah sebagai sarana dan sebagai tempat untuk pelaksanaan pendidikan seharusnya berusaha melengkapi segala macam kekurangan yang ada dalam sekolah tersebut. 
Sekolah sebagai tempat pemberian ilmu dari guru kepada murid sebaiknya menunjang pemberian ilmu tersebut dengan berusaha memberikan ilmu tersebut secara lengkap dan menyeluruh sesuai dengan kurikulum yang sedang berlaku.  Sekolah sebagai tempat para siswa melakukan praktek atau melakukan daya kreasi atau daya imajinasi yang sesuai dengan yang diajarkan guru, sebaiknya memberikan sarana yang menunjang dalam melakukan atau mewujudkan daya imajinasinya itu. 
Sekolah sebagai tempat bermain dan bersosialisasi dengan teman sebaya atau dengan guru atau dengan karyawan yang ada dalam sekolah tersebut berusaha memberikan layanan terbaiknya agar anak dapat berinteraksi dengan baik dan dia (anak) tidak merasa tertekan atau tidak senang dengan berada dalam sekolah.  Namun pada kenyataannya sekarang sarana pendidikan atau sekolah khususnya belum menampakkan fungsinya yang baik. Masih banyak kekurangan yang ada pada sekolah-sekolah di Indonesia umumnya dan pada daerah-daerah pelosok khususnya. Alasan yang pokok adalah kurang terjangkaunya daerah tersebut oleh peralatan-peralatan yang modern.  Selain itu fasilitas yang ada pada sekolah-sekolah boleh dikatakan sangat kurang dan jauh dari cukup. Terkebih pada daerah pinggiran kota yang kurang mendapat perhatian khusus dari pemerintah.  Masih terdapatnya kekurangan-kekurangan seperti, genting sekolah yang akan runtuh, tembok sekolah yang mulai doyong sampai ada salah satu kelas yang sudah rata dengan tanah.  
Dengan melihat keadaan riil yang ada pada sekolah-sekolah di Indonesia, sungguh menyedihkan memang melihat kondisi yang memprihatinkan tersebut. Peran pemerintah sebagai salah satu pihak yang bertanggung jawab atas pelaksanaan pendidikan sangatlah penting disamping memberikan sebagian anggarannya untuk pendidikan, beliau harus tahu sendiri keadaan yang ada pada sekolah-sekolah di daerah-daerah. Selain itu sudah sepantasnyalah warga masyarakat lebih mengutamakan pendidikan anaknya ketimbang memikirkan hal-hal yang lain.  Walaupun dengan kondisi yang memprihatinkan, kita sepatutnya bangga dengan hasil yang dapat dicapai putra-putri bangsa, yaitu yang berhasil menyumbangkn ilmunya demi kemajuan bangsa.
Banyak putra-putri bangsa yang belajar di luar negeri karena kemampuannya dalam mencapai prestasi yang patut diacungi jempol.  Selain itu di kota-kota besar banyak sekolah yang sudah menjadi standart internasional karena fasilitas yang menunjang dan peranan guru yang sangat gigih dalam memberi semangat serta memberikan ilmunya kepada setiap murid.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Go na2_cik_cik_au mengatakan...

Sebenarnya bila soal pendidikan di Indonesia sudah cukup baik hanya saja pemerataan fsilitas pendidikan yang kurang memenuhi ,karena faktanya sampai kini masih ada tempat belajar atau bisa disebut sekolah tempat belajar tapi kurang layak karena masih ada yang menggunakan bekas tempat kandang hewan yang dijadikan sekolah tempat belajar tentu ini sungguh miris sekali. dengan alasan terutama untuk anak yang orang tuanya tidak mampu dan kita sebagai calon guru harus ikut peduli. Apakah bersedia kita mengajar tanpa di gaji hanya untuk anak yang tidak mampu tapi ingin belajar yang layaknya manusia berkecukupan ?berjuanglah para calon guru...bagaimana solusi anda ?Banyak anak orang kaya sekolah di luar negeri karena mereka ingin mendapatkan fasilitas belajar yang lebih nyaman dan canggih....

Posting Komentar